Masalah Kanibalisme dan Histeria Pada Pemeliharaan Ayam

Kanibalisme dan histeria adalah dua masalah sosial ayam yang berkaitan dengan tingkah laku yang paling umum dan sering dijumpai dalam pemeliharaan ayam yang dikandangkan pada tingkat kepadatan yang tinggi.

1.  Kanibalisme Pada Ternak Ayam

Kebiasaan ayam mematuk individu lainnya atau saling patuk mematuk yang kadang sampai menimbulkan kematian, ini disebut kanibalisme. Penyebabnya tidak diketahui secara pasti, tetapi hal itu terjadi sering kali dalam kondisi pemeliharaan terkurung. Beberapa penyebab yang diduga menimbulkan gejala itu adalah defisiensi nutrien tertentu, tempat yang terlalu sesak, tidak cukupnya tempat makan dan minum, atau terlalu banyak cahaya yang ada di dalam kandang.

Apapun penyebabnya satu-satunya usaha perbaikan dan pencegahan adalah debeaking, yaitu pemotongan duapertiga bagian paruh. Hal ini biasanya dilakukan pada umur 4 - 6 minggu supaya stress yang ditimbulkan minimal. Tersedia mesin pemotong paruh elektrik yang digunakan untuk memotong paruh dan membakar luka pada saat yang sama untuk membantu pembekuan darah dan mempercepat penyembuhannya.

2.  Histeria Pada Ternak Ayam

Di dalam beberapa keadaan tertentu, seperti misalnya kebisingan yang luar biasa, perubahan cahaya yang cepat atau gerakan yang cepat, ayam pedaging di dalam kandang terbuka akan terbang ke salah satu sudut kandang. Hal ini dapat menyebabkan banyak kematian. Pada ayam petelur yang terkurung, ayam akan berusaha untuk terbang, dan hal ini dapat menyebabkan sayap atau lehernya patah.

Penyebab histeria tidak diketahui, tetapi yang jelas kita harus berhati-hati untuk tidak menakuti ayam. Beberapa peternak unggas menggunakan pemancar radio yang disalurkan ke dalam kandang untuk menyesuaikan atau membiasakan unggas dengan suara manusia dan kebisingan lain. Teknik lain yang digunakan oleh peternak adalah mengetuk beberapa kali sebelum membuka pintu masuk ke dalam kandang. Hal ini diharapkan akan menarik perhatian unggas ke arah pintu, hingga mengurangi keterkejutan karena pergerakan pintu yang terbuka.

Comments

Popular posts from this blog

Anatomi Internal Ambing Serta Jalannya Susu Yang Di-Sintesis

Sistem Seleksi Tandem, Independent Culling Level dan Indeks Seleksi

Bangsa-bangsa dan Karakteristik Kerbau Perah

Domestikasi dan Bangsa-bangsa Kelinci

Sejarah dan Klasifikasi Bangsa-bangsa Babi

Manajemen Pemerahan Susu Sapi

Pemberian Pakan Babi Sesuai Penggolongan (Kelasnya)

Pemuliabiakan dan Seleksi Pejantan Sapi Perah

Seleksi Pada Ternak Domba

Anatomi Tubuh Pada Ayam