Proses Pencernaan Pada Ruminansia Kambing (Ruminansia Kecil)

Proses pencernaan atau digesti merupakan proses pemecahan bahan pakan sehingga bahan tersebut dapat diserap oleh tubuh hewan. Secara definisi digesti dapat diartikan sebagai proses degradasi makromolekul menjadi monomer penyusunnya sehingga dapat diabsorpsi oleh tubuh hewan. Pada ruminansia, memiliki sistem pencernaan yang berbeda. Pencernaan ruminansia banyak dibantu oleh proses fermentasi mikroba. Sistem pencernaan pada ternak ruminansia terdiri dari mulut, esofagus dan memilki satu lambung yang terdiri dari rumen, retikulum, omasum, abomasum, usus besar, dan anus (Frandson, 1992). Abomasum sering disebut sebagai lambung sejati ternak ruminansia.

Jenis hewan ruminansia seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba memiliki sistem pencernaan yang khas dan sempurna. Alat pencernaannya terbagi atas empat bagian, yang terdiri dari rumen, retikulum, omasum, dan abomasum. Hewan ternak tersebut mampu menampung jumlah bahan makanan yang lebih besar serta mampu mencerna bahan makanan yang kandungan serat kasarnya tinggi. Hewan-hewan ternak yang tergolong memiliki sistem alat pencernaan ini memakan pokok mereka adalah hijauan. Sedangkan kebutuhan akan makanan penguat sekedar tambahan saja (Aak, 2008).


1.  Mulut

Mulut dan komponennya (gigi, lidah, pipi, dan kelenjar saliva) memiliki tingkat kepentingan yang berbeda pada tiap species (Blakely, 1994). Dentis merupakan organ yang terdapat pada maksila dan mandbula, tertata melengkung seperti tapal kuda, dan melekat pada gingiva. Fungsi dentes dalam proses pencernaan sebagai pendukung utama proses mastikasi, mastikasi merupakan proses fragmentasi pakan yang masuk ke dalam kavum oris (Praseno, 2003).

2.  Esofagus

Esofagus merupakan saluran yang menghubungkan kavum oris dengan ventrikulus. Hasil mastikasi berupa bolus-bolus pakan akan melalui esofagus menuju ventrikulus. Gerak bolus dalam esofagus disebabkan kontraksi stratum sirkulare, stratum longitudinale, dan stratum oblique yang tersusun spiralis. Kontraksi muskuli tersebut menghasilkan gerak peristaltik (Praseno, 2003). Esofagus terdiri dari otot, sub mukosa, dan mukosa. PH normal pada esofagus ternak ruminansia adalah 7 yang berarti di dalam esofagus bernuansa netral (Frandson, 1992).

3.  Lambung

Sistem pencernaan pada sapi atau ruminansia lainnya, agak lebih rumit daripada hewan mamalia lain. Lambung ruminansia merupakan lambung yang komplek yang terdiri dari 4 bagian, yaitu paling depan disebut rumen, kemudian retikulum, omasum, dan abomasum yang berhubungan dengan usus (Darmono, 2005). Ventrikulus (lambung) merupakan organ yang pada dasarnya merupakan tempat proses digesti pakan. Ventrikulus pada ruminansia adalah ventrikulus kompleks. Ruminansia merupakan hewan yang memiliki ventrikulus kompleks. Ventrikulus ruminansia terdiri empat kompartemen, yaitu rumen, retikulum, omasum, dan abomasum (Praseno, 2003).

4.  Rumen

Rumen merupakan suatu maskular yang besar dan terentang dari diafragma menuju ke pelvis dan hampir menempati sisi kiri dari rongga abdominal (Frandson, 1992). Rumen merupakan lambung pencerna yang sangat penting karena di situ terdapat mikroflora dan mikrofauna yang sangat berperan dalam mencerna makanan dan metabolisme. Aktivitas rumen yang paling penting adalah proses fermentasi makanan oleh mikroba yang mengubah karbohidrat menjadi asam lemak tidak jenuh (Volatil Fatty Acid=VFA), methan, karbon dioksida, dan sel mikroba itu sendiri. Asam lemak volatil (VFA) adalah asam propionat dan asam butirat yang merupakan sumber energi (Darmono, 2005).

5.  Retikulum

Retikulum adalah bagian perut (kompartemen) yang paling kranial seperti yang tercermin dari namanya. Kompartemen ini bagian dalamnya diseliputi oleh membran mukosa yang mengandung intersekting ridge yang membagi permukaan itu menjadi permukaan yang menyerupai permukaan sarang lebah (Frandson, 1992). Retikulum, dimana prokariota dan protista simbiotik (khususnya siliata) bekerja pada bahan makanan yang kaya selulosa itu. Sebagai hasil sampingan metabolismenya, mikroorganisme itu mensekresikan asam lemak. Sapi itu secara periodik mengunyah kembali (memamah biak) yang selanjutnya akan dipecah lebih lanjut menjadi serat, sehingga lebih dapat diakses oleh kerja mikroba (Campbell, 2003).

6.  Omasum

Omasum merupakan suatu organ yang berisi lamina muskuler yang turun dari alam dorsum atau bagian atap. Omasum terletak di sebelah kanan rumen dan retikulum persis pada kaudal hati. Pertautan antara omasum dan banomasum terdapat suatu susunan lipatam membran mukosa “vela terminalia” yang barangkali berperan sebagai katup untuk mencegah kembalinya bahan-bahan dari abomasum menuju omasum (Frandson, 1992). Omasum, di mana air dikeluarkan. Mamahan itu, yang mengandung banyak sekali mikroorganisme, akhirnya akan lewat melalui omasum (Campbell, 2003).

7.  Abomasum

Abomasum terletak ventral dari omasum dan terentang kaudal pada sisi kanan dari rumen (Frandson,1992). Pakan dicerna di abomasum melalui enzim sapi itu sendiri. Karena kerja mikroba itu, makanan dari seekor hewan ruminansia sesungguhnya menyerap nutriennya menjadi lebih kaya dibandingkan dengan rumput yang semula dimakan oleh hewan itu (Campbell, 2003).

8.  Usus Halus

Usus halus terbagi atas tiga bagian yaitu duodenum, jejenum, dan ileum. Berdasarkan pada perbedaan-perbedaan struktural histologis atau mikroskop. Duodenum merupakan bagian yang pertama kali dari usus. Jejenum dengan jelas dapat dipisahkan dengan duedenum, yaitu terdapat seperti bintil putih sebagai pembatas. Bagian terakhir dari usus halus adalah ileum. Bagian terminal dari ileum tersambung dengan usus besar atau sekum dan kolon pada ruminansia dari babi, pada bagian kanan dari rongga abdomal. PH normal yang terdapat pada usus halus adalah 7 (Frandson, 1992). Usus halus (intestinum tenue) merupakan saluran ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu duodenum, jejenum, dan ileum. Proses digesti dan absorpsi hasil digesti terjadi pada intestinum tenue (Praseno, 2003).

9.  Sekum

Didalam sekum terdapat bakteri-bakteri pembusuk, antara lain proteolitik. Proteolitik ini berfungsi menyerang protein yang belum dicerna menjadi asam-asam amino. PH normal pada sekum adalah 8 yang berarti didalam sekum suasananya basa (Frandson, 1992). Sekum merupakan organ ini terdapat pada perbatasan usus halus (intestinum tenue) dan usus besar (intestinum krassum). Unsur pakan yang tidak dapat dicerna dalam perangkat digesti lainnya, biasanya akan mengalami fermentasi dalam sekum, sehingga dapat dimanfaatkan oleh hewan tersebut (Praseno, 2003).

10.  Usus Besar

Usus Besar terdiri dari sekum, kolon, dan rektum. Usus besar tidak menghasilkan enzim karena kelenjar-kelenjar yang ada adalah mukosa, karenanya tiap pencernaan yang terjadi di dalamnya adalah sisa-sisa kegiatan oleh enzim-enzim dari usus halus dan enzim yang dihasilkan oleh jasad-jasad renik yanng banyak terdapat pada usus besar. Didalam sekum akan terjadi pencernaan fermentatif (Frandson, 1992). Usus besar atau intestinum krassum merupakan terdiri dari kolon, rektum, dan kloaka. Dinding saluran ini banyak mengandung nodus limfatikus. Fungsi saluran adalah sebagai tempat proses pembusukkan sisa digesti (pembentukkan feses) dan proses reabsorpsi air dan partikel terlarut di dalamnya (Praseno, 2003).

Comments

Popular posts from this blog

Anatomi Internal Ambing Serta Jalannya Susu Yang Di-Sintesis

Sistem Seleksi Tandem, Independent Culling Level dan Indeks Seleksi

Bangsa-bangsa dan Karakteristik Kerbau Perah

Manajemen Pemerahan Susu Sapi

Anatomi Tubuh Pada Ayam

Pemberian Pakan Babi Sesuai Penggolongan (Kelasnya)

Pemuliabiakan dan Seleksi Pejantan Sapi Perah

Sejarah dan Klasifikasi Bangsa-bangsa Babi

Seleksi Pada Ternak Domba

Penyembelihan dan Pengukuran Kualitas Karkas Babi