Bangsa-bangsa Domba Perah

Domba di dunia ini terdapat sekitar 320 bangsa, dengan 116 diantaranya merupakan domba yang dapat diperah. Ternak domba dapat dibedakan berdasarkan kegunaannya meliputi : tipe dual purpose, domba triple purpose dan bangsa domba perah (dairy sheep).

Mengapa memilih domba?
  • Domba bisa bertahan dimana sapi tidak bisa
  • Domba akan makan gulma bermasalah seperti Leafy Spurge
  • Laba per hektar sama untuk domba dan sapi, dan biasanya lebih tinggi untuk domba
  • Lebih mudah untuk memulai karena kurang peralatan yang dibutuhkan
Susu Domba
  • Susu susu memiliki kandungan padat lebih tinggi daripada susu sapi atau kambing. Ini berarti sangat cocok untuk diproses menjadi keju. Hasil keju dari kambing atau susu sapi biasanya sekitar 1:10, sedangkan dari susu domba lebih mendekati 1: 5 (artinya Anda mendapatkan keju sebanyak dua kali per liter susu cair). Gumpalan lemak pada susu domba juga lebih kecil daripada susu sapi, sehingga lebih mudah dicerna. Ini juga berarti susu domba berlemak penuh cocok untuk pembekuan.
  • Bila dibandingkan dengan susu sapi, susu domba memiliki kadar Vitamin A dan E yang lebih tinggi, dan mineral kalsium, fosfor, potasium, magnesium dan seng. Tabel 1 merangkum dan membandingkan beberapa karakteristik susu domba, sapi dan kambing. Namun, perlu dicatat bahwa susu adalah produk alami dan komposisinya akan bervariasi dari hewan ke hewan, dengan musim dan dengan rezim makan yang berbeda.
  • Susu domba cocok untuk dibuat yoghurt dan keju karena memiliki kandungan protein tinggi dengan kandungan padatan yang baik. Sementara kambing memiliki masa laktasi lebih lama, dimana secara nyata akan musim produksi akan lebih lama, pada saat itu juga susu dari masa laktasi yang panjang ini dimanfaatkan oleh peternak domba dan kambing-kambing untuk mengubah susu menjadi yoghurt dan keju.
  • Perbedaan komposisi susu kambing dan susu domba berada dalam kandungan lemak, asam-asam amino, baik unsur-unsur pokok minor luar komposisi kotor.

Bangsa Domba Perah (Dairy Sheep)

Domba Awassi
  • Domba Awassi berasal dari Israel, penyebaran ternak ini selain di Israel sampai ke Libanon dan Yordania (Asia Baratdaya). Sebenarnya domba ini termasuk domba ekor gemuk, namun setelah mengalami persilangan terus menerus dan terjadi evolusi, terjadi pengurangan ekor gemuknya dan meningkatkan produksi susu. Bangsa domba Israeli Improved Awassi dapat memproduksi susu sampai 1.000- 1.200 kg per tahun.
  • Tanda-tanda domba Awassi mempunyai kepala panjang, sempit dengan profil muka cembung, telinga lebar, panjang, dan menggantung. Berat badan pejan-tannya mencapai 60 - 90 kg sedang induk/betina antara 30 - 50 kg. Badan tampak tinggi, tegap dan kuat. Kaki panjang, tidak gemuk, ekornya gemuk dan lebar, berat ekor pada yang jantan mencapai 12 kg sedang pada yang betina sampai 6 kg. Setelah mengalami perkembangan badannya menjadi lebih tinggi dan tegap. Ambing tidak menggantung, pertautannya kuat. Bentuk puting panjang kebawah dan tidak berlemak.
Domba East Friesian
  • Bangsa domba East Frtesian berasal dari Jerman. Domba ini telah digunakan untuk persilangan dengan domba Awassi dengan tujuan untuk mengurangi lemak ekor domba Awassi serta meningkatkan produksi susu dan wool.
Domba Lohi
  • Domba Lohi berasal dari Pakistan dan telah tersebar sampai di India dan Pakistan. Ciri-ciri domba Lohi berwarna putih, coklat, dan hitam. Telinga panjang dan menggantung sedangkan ekornya tipis. Domba ini termasuk domba yang subur.

Comments

Popular posts from this blog

Anatomi Internal Ambing Serta Jalannya Susu Yang Di-Sintesis

Sistem Seleksi Tandem, Independent Culling Level dan Indeks Seleksi

Bangsa-bangsa dan Karakteristik Kerbau Perah

Manajemen Pemerahan Susu Sapi

Anatomi Tubuh Pada Ayam

Pemberian Pakan Babi Sesuai Penggolongan (Kelasnya)

Pemuliabiakan dan Seleksi Pejantan Sapi Perah

Sejarah dan Klasifikasi Bangsa-bangsa Babi

Seleksi Pada Ternak Domba

Penyembelihan dan Pengukuran Kualitas Karkas Babi