Sejarah dan Distribusi Kambing di Dunia

Lebih dari 400 juta ekor kambing yang ada di dunia ini, menempati posisi yang unik diantara jenis-jenis ternak yang lain. Kambing itu lucu dan menarik, yang dipelihara sebagai hewan kesayangan, memproduksi susu, daging, bulu dan kulit untuk sebagai besar manusia di dunia. 90% kambing di dunia berada di Asia dan Afrika, dan banyak negara berkembang yang meningkatkan populasi kambing untuk populasi bangsa yang mayoritas memanfaatkan kambing untuk diambil susu dan dagingnya.

Kambing sifatnya unik, karena mudah dipelihara dan hanya memerlukan lahan yang tidak luas, serta hewan yang sangat tangguh. Kambing makan-makanan yang tidak biasa dikonsumsi oleh hewan lain. Makanan utama kambing adalah tunas-tunas (semak-semak, ranting-ranting, gulma). Selain itu, kambing sangat efisien dalam mengubah makanan berkualitas rendah menjadi produk yang bernilai tinggi. Jadi kambing menghasilkan produk-produk pertanian dari lahan yang tidak produktif menjadi produktif.

Susu kambing mempunyai bermacam-macam manfaat yang lebih besar dari susu sapi dan telah lama diakui oleh para dokter untuk dimanfaatkan oleh mereka yang mengalami gangguan pencernaannya. Susu kambing juga digunakan untuk membuat keju yang lunak. Bulu kambing Angora (mohair) lebih halus dibanding wool dan cocok untuk industri tekstil. Bulu kambing berada di antara wool dan bahan yang lebih langka seperti per atau cashmere dan bulu unta. Daging kambing juga dimanfaatkan oleh banyak bangsa-bangsa di dunia.

Kambing merupakan hewan-hewan yang didomestikasikan oleh manusia. Kambing berasal dari hewan liar (Capra hircus aegagrus), yang hidup di daerah yang sangat sulit dan berbatu. Diperkirakan pada permulaanya pemburu-pemburu membawa pulang anak kambing dari hasil buruannya. Anak-anak kambing itu dipelihara di desa sebagai hewan kesayangan, kemudian dimanfaatkan untuk diambil susu, daging dan kulitnya. Kambing banyak ditemukan di desa-desa yang masih primitif.

Dalam kitab Injil tersurat mengenai bulu dan susu kambing. Susu kambing telah dianjurkan oleh dokter-dokter dan digunakan untuk pengobatan rumah tangga sejak dahulu. Di Amerika Serikat kambing merupakan hewan yang dibawa oleh orang-orang pelopor Virginia. Kambing-kambing itu diambil susu dan dagingnya. Kambing perah galur murni pertama kali diimpor ke Amerika Serikat pada tahun 1893. Sekarang, kambing perah telah menyebar ke seluruh Amerika Serikat dan banyak dipelihara di dekat kota besar di mana susu kambing itu dijual.

Kambing Angora yang dipelihara untuk diambil mohainya, diimpor pada tahun 1849 ke Amerika Serikat. Kambing Angora menyebar ke arah barat. Setelah berakhir perang saudara di Amerika Serikat, Texas menjadi penghasil mohair utama di Amerika Serikat. Texas masih mempertahankannya sampai sekarang, 90% kambing Angora di Amerika Serikat dipelihara di daerah yang berbukit di Texas. Negara bagian lain yang memproduksi mohair adalah Arkansas, New Mexico, Mississipi, Oregon, California dan Utah.

Comments

Popular posts from this blog

Anatomi Internal Ambing Serta Jalannya Susu Yang Di-Sintesis

Sistem Seleksi Tandem, Independent Culling Level dan Indeks Seleksi

Bangsa-bangsa dan Karakteristik Kerbau Perah

Manajemen Pemerahan Susu Sapi

Anatomi Tubuh Pada Ayam

Pemberian Pakan Babi Sesuai Penggolongan (Kelasnya)

Pemuliabiakan dan Seleksi Pejantan Sapi Perah

Sejarah dan Klasifikasi Bangsa-bangsa Babi

Seleksi Pada Ternak Domba

Penyembelihan dan Pengukuran Kualitas Karkas Babi