Klasifikasi Bangsa-bangsa Kambing

Kambing dapat dikelompokkan berdasarkan kegunaannya, yaitu; sebagai ternak perah (penghasil susu), penghasil bulu (mohair) dan sebagai pedaging. Pada jenis kambing perah dan juga jenis kambing mohair (Angora) dimanfaatkan juga untuk diambil dagingnya.

Bangsa-bangsa Kambing Perah

1.  Alpines

Bangsa kambing Alpines berasal dari pegunungan Alpen di Perancis. Kambing ini mempunyai warna yang bervariasi, antara lain; putih, abu-abu, coklat dan hitam. Badannya besar dengan mata yang tajam dan telinga tegak. Tidak banyak menunjukkan kesulitan dalam kelahiran. Ukuran kambing betina saat dewasa kelamin adalah sekitar (± 55 kg). Kambing ini menonjol kemampuan untuk menyusui anaknya.

2.  Nubians

Bangsa kambing c berasal dari Afrika. Berbulu pendek, mengkilap dan kebanyakan berwarna hitam dan coklat dengan telinga yang panjang dan jatuh (terkulai). Kambing ini bersifat sangat lembut, produksi susunya lebih sedikit bila dibandingkan dengan kambing yang berasal dari Swiss, tetapi persentase lemak susunya tinggi. Kambing betina mencapai dewasa kelamin pada saat beratnya kira-kira 60 kg. Kambing Nubian cenderung lebih banyak dagingnya dibanding bangsa perah lainnya.

3.  La Mancha

Kambing bangsa Amerika yang dikembangkan tahun 1959 dari kambing Spanish. Kambing ini sangat tangguh dan dapat beradaptasi pada kondisi yang jelek. Kambing La Mancha mempunyai telinga yang pendek atau sama sekali tidak mempunyai daun telinga, yang membedakannya dari bangsa kambing lainnya. Menonjol karena produksi susu dengan kadar lemaknya yang tinggi.

4.  Saanen

Kambing Saanen berasal dari lembah Saanen di Swiss. Kambing ini sangat terkenal, berwarna putih dengan bulu yang panjang atau pendek, memiliki telinga tegak dan tajam. Kambing ini merupakan kambing bangsa swiss yang terbesar dengan berat lebih dari 65 kg pada saat dewasa kelamin. Menonjol karena jumlah (produksi) susunya banyak, tetapi lemak susunya agak rendah.

5.  Toggenburg

Kambing Toggenburg atau bangsa Togg berasal dari pengunungan Alpen di Swiss. Kambing ini adalah jenis kambing kecil dengan badan pendek dan kompak. Kambing betina mempunyai berat 45 kg saat dewasa kelamin. Kambing Toggs berwarna coklat di bagian badannya dengan warna putih di kaki bagian bawah, dasar ekor dan sisi wajah bagian bawah. Kambing ini berambut panjang atau sedang dan berjenggot. Kambing Toggenburg merupakan kambing penghasil susu yang baik.

Tabel Klasifikasi Bangsa Kambing Berdasarkan Kegunaannya

Kambing Perah
Kambing Mohair dan Pedaging
Kambing Pedaging
Alpines
Angora
Spanish
Nubians


Toggenburg


Saanens


La Mancha



Bangsa-bangsa Kambing Penghasil Mohair dan Daging

1.  Angora (Penghasil Mohair dan Daging)

Bangsa Kambing Angora berasal dari daerah Ankara di Turki, daerah pengunungan dengan iklim kering dan temperatur yang ekstrim. Baik yang jantan dan betina semuanya bertanduk dengan dahi terbuka dan bulu yang panjang. Bulu kambing Angora disebut mohair. Berat kambing jantan saat dewasa kelamin mencapai 55 sampai 80 kg, dan kambing betina mencapai dewasa kelamin dengan berat 35 - 40 kg. Uraian tentang kambing ideal sangat mirip dengan uraian pada sapi perah dengan penekanan pada sifat kebetinaan, punggung yang kuat, kaki yang lurus, badan yang menyudut, tulang-tulang rusuk yang regang terpisah, kapasitas badan yang besar, lingkar dada yang cukup, dada yang lebar serta ambing yang besar dan melekat dengan mantap.

2.  Kambing Spanish (Penghasil Daging)

Bangsa Kambing Spanish lebih besar dibandingkan dengan kambing Angora dan bulunya lebih sedikit. Kambing ini mempunyai warna bermacam-macam terutama dimanfaatkan untuk produksi daging. Kambing Spanish sangat tangguh dan memerlukan tatalaksana dan tenaga kerja yang minim. Ciri khas kambing Spanish adalah fisiologi reproduksinya. Tidak seperti kambing-kambing lainnya yang hanya berkembang biak pada musim gugur hingga musim dingin dalam setahun, kambing Spanish ini dapat berkembang biak sepanjang tahun. Hal ini memungkinkannya untuk beranak sepanjang tahun dan memproduksi daging sepanjang tahun pula.

Comments

Popular posts from this blog

Anatomi Internal Ambing Serta Jalannya Susu Yang Di-Sintesis

Sistem Seleksi Tandem, Independent Culling Level dan Indeks Seleksi

Bangsa-bangsa dan Karakteristik Kerbau Perah

Manajemen Pemerahan Susu Sapi

Anatomi Tubuh Pada Ayam

Pemberian Pakan Babi Sesuai Penggolongan (Kelasnya)

Pemuliabiakan dan Seleksi Pejantan Sapi Perah

Sejarah dan Klasifikasi Bangsa-bangsa Babi

Seleksi Pada Ternak Domba

Penyembelihan dan Pengukuran Kualitas Karkas Babi