Penilaian dan Cara Pembagian Mutu Karkas Babi

Karkas-karkas yang telah didinginkan diperiksa kelayakannya untuk konsumsi manusia. Tingkatan mutu karkas menunjukkan kelas pemasaran tertentu. Tingkatan mutu karkas menurut standar Amerika didasarkan pada kualitas daging tak berlemak, jumlah lemak dan hasil yang diharapkan dari potongan-potongan utama untuk dijual (ham, loin, picnic dan Boston butts). Peringkat mutu karkas menurut standar Amerika Serikat adalah US No. 1, US No. 2, US No. 3, US No. 4 dan utility.

Meskipun peringkat mutu hewan hidup tidak terangkum dalam postingan kali ini, kelima peringkat mutu tersebut juga dipakai untuk hewan hidup dan tingkatan mutu hewan hidup didasarkan pada korelasi hewan hidup untuk menghasilkan peringkat mutu karkas yang sesuai. Pembeli yang berpengalaman mengetahui korelasi ini dan melalui penilaian berdasarkan penglihatan dan penelitian lemak punggung dapat diukur secara tepat tingkatan mutu karkas yang akan dihasilkan oleh seekor babi. Penilaian mutu karkas diukur dengan pemeriksaan kualitas lemak dan daging tanpa lemak (keteguhan, warna, ketebalan lemak punggung yang nyata, lemak di sekitar perut, dan penyebaran lemak atau marbling pada daerah loin dan persentase dari empat potongan utama (ham, loin, picnic dan Boston butts).

A.  Peringkat Mutu Karkas - U.S. No. 1

Karkas pada peringkat mutu ini mempunyai kualitas daging tanpa lemak yang tinggi, dan mempunyai persentase lemak punggung yang rendah. Hasil ke-4 potongan utama daging tanpa lemak adalah 53% atau lebih, lemak punggung maksimum 3,25 - 4 cm dengan loin-eye sedikit teguh, ada sdikit marbling dan warnanya merah jambu sampai merah. Karkas ini mempunyai tingkatan sedang, perototan baik dan mempunyai panjang yang ideal.

B.  Peringkat Mutu Karkas - U.S. No. 2

Karkas ini mempunyai kualitas daging tanpa lemak yang dapat diterima (akseptabel), hasil potongan daging tanpa lemak agak tinggi (50 - 52,9%) dan lemak punggung agak lebih tebal dibandingkan karkas U.S. No. 1 (4 - 5 cm).

C.  Peringkat Mutu Karkas - U.S. No. 3

Karkas menghasilkan ke-4 macam potongan daging tanpa lemak (sebanyak 47 - 49,9%), mempunyai lemak punggung 5 - 5,5 cm dan kualitas daging tanpa lemak dapat yang diterima (akseptabel), masuk dalam tingkatan mutu U.S. No. 3. Karkas ini mempunyai persentase potongan daging tanpa lemak agak rendah dan persentase potongan lemaknya tinggi.

D.  Peringkat Mutu Karkas - U.S. No. 4

Masuk dalam mutu U.S. No. 4 adalah karkas yang mempunyai persentase potongan daging tanpa lemak yang rendah (kurang dari 47%) dan lemak punggung tinggi (di atas 5,5 cm) dengan persen potongan lemak yang tinggi, tapi mempunyai kualitas daging tanpa lemak yang masih dapat diterima (akseptabel).

E.  Peringkat Mutu Karkas - U.S. Utility

Termasuk mutu U.S. Utility adalah karkas yang mempunyai daging tanpa lemak dengan beberapa macam kualitas tetapi tidak bisa masuk dalam mutu U.S. No. 1 s/d No. 4, karkas dengan ketebalan perut yang tak dapat diterima, semua karkas yang berlemak dan lemak juga termasuk dalam peringkat mutu ini, di bagian atas adalah babi-babi sembelihan, di bawah adalah feeder pigs.

 

Hasil Sampingan Daging Babi

Semua produk dari penyembelihan selain dari karkas dan lemak adalah merupakan hasil sampingan. Hasil ini biasanya mewakili kira-kira 30 - 40% dari berat hidup hewan. Pemanfaatan semua hasil sampingan adalah tujuan utama semua pengusaha dan slogan tidak ada barang sisa dan packers memanfaatkan segala sesuatunya telah dikembangkan. Hasil sampingannya beragam, mulai dari darah ke gliserin untuk bahan peledak, daging sepihan untuk obat, perekat sampai kulit, senar biola sampai pupuk.

Comments

Popular posts from this blog

Anatomi Internal Ambing Serta Jalannya Susu Yang Di-Sintesis

Sistem Seleksi Tandem, Independent Culling Level dan Indeks Seleksi

Bangsa-bangsa dan Karakteristik Kerbau Perah

Manajemen Pemerahan Susu Sapi

Anatomi Tubuh Pada Ayam

Pemberian Pakan Babi Sesuai Penggolongan (Kelasnya)

Pemuliabiakan dan Seleksi Pejantan Sapi Perah

Sejarah dan Klasifikasi Bangsa-bangsa Babi

Seleksi Pada Ternak Domba

Penyembelihan dan Pengukuran Kualitas Karkas Babi