Sistem Reproduksi pada Babi

Babi adalah ternak yang paling subur untuk dipelihara dan kemudian dijual. Jumlah anak yang dilahirkan lebih dari satu, serta jarak antara satu kelahiran dengan kelahiran berikutnya pendek. Hal ini memungkinkan untuk menjualnya dalam jumlah besar. Babi yang bagus dapat dengan mudah memproduksi 2 litter yang masing-masing terdiri dari 10 ekor babi yang dapat dijual atau sekitar 1800 kg daging babi setiap tahun. Hal inilah yang membuat babi mudah untuk diusahakan, karena untuk membuat perusahaan babi memerlukan waktu yang relatif singkat, demikian juga untuk meninggalkannya.

Gambar Sistem Reproduksi Babi Jantan

Seperti halnya pada sapi jantan, testis babi jantan juga berfunsi untuk memproduksi sperma yang hidup (sel kelamin jantan) dan babi jantan itu memasukkan sperma ke dalam saluran reproduksi babi betina pada waktu yang tepat untuk membuahi ovum. Ovari babi betina menghasilkan ovum, sama seperti pada sapi betina. Ovum yang dibuahi akan tumbuh menjadi embrio hingga dilahirkan.


Gambar Sistem Reproduksi Babi Betina

Meskipun ada perbedaan, sistem reproduksi babi jantan dan babi betina, pada dasarnya adalah sama dengan sapi jantan dan sapi betina dalam hal faal maupun fungsinya. Keterangan secara terperinci dan untuk mengulang kembali mengenai sistem reproduksinya. "Lihat Sistem Reproduksi pada Sapi"

Babi mempunyai karakteristik reproduksi yang bersifat unik bila dibandingkan dengan sapi, domba dan kuda. Perbedaan yang penting adalah bahwa babi merupakan hewan polytocous (melahirkan anak lebih dari satu), menghasilkan ovum banyak dan melahirkan anak dalam jumlah banyak. Adalah hal yang biasa apabila babi betina mengovulasi 15 - 20 ovum selama periode estrus. Namun, jumlah anak yang normal rata-rata hanyalah 8 - 9 ekor. Beberapaovum tidak dibuahi, lainnya yang dibuahi mati diawal pertumbuhannya atau setelah lahir. Jadi sangat jarang ada babi yang dapat menyapih 15 - 20 ekor.

Pengetahuan tentang reproduksi babi dan pengelolaan yang baik dalam perkembangbiakan, akan membantu dalam usaha meningkatkan jumlah anak yang dilahirkan.

Comments

Popular posts from this blog

Anatomi Internal Ambing Serta Jalannya Susu Yang Di-Sintesis

Sistem Seleksi Tandem, Independent Culling Level dan Indeks Seleksi

Bangsa-bangsa dan Karakteristik Kerbau Perah

Manajemen Pemerahan Susu Sapi

Anatomi Tubuh Pada Ayam

Pemberian Pakan Babi Sesuai Penggolongan (Kelasnya)

Pemuliabiakan dan Seleksi Pejantan Sapi Perah

Sejarah dan Klasifikasi Bangsa-bangsa Babi

Seleksi Pada Ternak Domba

Penyembelihan dan Pengukuran Kualitas Karkas Babi