Bangsa-Bangsa Sapi India

Bangsa sapi Brahman dikembangkan di Amerika Serikat dengan mencampurkan darah 3 bangsa sapi yaitu bangsa-bangsa Gir, Guzerat dan Nellore. Sapi Zebu pertama dimasukkan ke Amerika Serikat pada tahun 1849. Berat badan sapi betina bangsa Brahman mencapai 585 kg sedangkan jantan dewasa mencapai 900 kg atau bahkan lebih. Sapi Brahman merupakan bangsa sapi ukuran medium, pedetnya juga berukuran berat medium, namun berat sapih umumnya termasuk ringan. Sapi ini bertanduk dan warnanya bervariasi mulai dari abu-abu muda, totol-totol, sampai hitam. Terdapat punuk pada punggung di belakang kepala yang merupakan kelanjutan dari otot-otot pundak, dengan telinga yang berpendulous panjang, serta adanya pendulous yang longgar sepanjang leher.


Sapi Brahman mempunyai sifat-sifat yang hanya dipunyai oleh beberapa bangsa sapi tertentu, yaitu ketahanannya terhadap kondisi tatalaksana yang sangat minimal, toleransinya terhadap panas, kemampuannya untuk mengasuh anak, daya tahan terhadap kondisi yang jelek seperti penyakit dan parasit. Oleh karena itu, sapi ini banyak digunakan untuk persilangan dengan sapi-sapi lainnya. Persilangan itu dapat menghasilkan tingkat hybrid vigor yang paling tinggi. Kelemahan yang dimiliki oleh bangsa sapi ini adalah toleransi yang rendah terhadap temperature udara yang rendah, masak kelamin lambat serta rendahnya fertilitas.

Sapi-sapi Brahman menarik karena memiliki otot-otot sedikit di bawah kulit sehingga memungkinkan sapi menggerakkan kulitnya, suatu factor yang menguntungkan bagi sapi untuk menolak serangga yang menyerang. Sapi jenis ini memiliki sekresi warna kuning di leher yang dianggap sebagai penolak (repellant) terhadap serangga.

Ada sekitar 30 bangsa sapi dari India seperti Nellore, Guzerat, Gir, Zebu, Red Sindhi dan masih banyak lagi yang kesemuanya termasuk dalam  golongan sapi Zebu.




Comments

Popular posts from this blog

Anatomi Internal Ambing Serta Jalannya Susu Yang Di-Sintesis

Sistem Seleksi Tandem, Independent Culling Level dan Indeks Seleksi

Pemberian Pakan Babi Sesuai Penggolongan (Kelasnya)

Domestikasi dan Bangsa-bangsa Kelinci

Bangsa-bangsa dan Karakteristik Kerbau Perah

Manajemen Pemerahan Susu Sapi

Seleksi Pada Ternak Sapi Pedaging

Pemuliabiakan dan Seleksi Pejantan Sapi Perah

Sejarah dan Klasifikasi Bangsa-bangsa Babi

Seleksi Pada Ternak Domba