Pemberian Pakan Pada Ternak Dengan Tujuan Tertentu

Jenis ransum yang dipilih tergantung tujuan yang ditetapkan seperti penggemukan sapi jantan untuk dipotong, pemberian pakan untuk sapi yang dipamerkan, pemberian pakan untuk menghasilkan produski susu sebanyak-banyaknya atau sapi yang sedang mengalami musim salju. Apapun jenis atau tujuan pemberian pakan yang diinginkan, terdapat pedoman-pedoman garis besar yang dapat digunakan untuk meyusun ransum dasar.
 


Suplementasi Untuk Sapi
Seberat 1000 lb
(lb tiap hari)
Penggemukan Anak Sapi
600 lb
(lb)
1.
Jerami non-legum
20
10

Bungkil
2
2

Bijian (Jagung atau Sorgum Giling)
-
6
2.
Silase
60
20

Bungkil
2
1,5

Bijian (Jagung atau Sorgum Giling)
-
6

Jerami Non-Legum
-
3
3
Jerami Non-Legum
16
8

Jerami Legum
6
2

Bijian (Jagung atau Sorgum Giling)
-
6

Bungkil
-
1,5
4
Silase
48
-

Jerami Legum
6
10

Bungkil
-
1

Bijian (Jagung atau Sorgum Giling)
-
7
*) Masih diperlukan suplementasi mineral

Setiap pertanda yang memperlihatkan atau menunjukkan ketidak tegaran sapi, mencerminkan adanya perubahan yang terjadi di dalam ransum, apabila penyakit atau parasit tidak ada. Pedoman-pedoman dasar dapat digunakan sebagai petunjuk. Sebagai contoh, untuk seekor sapi dapat diberikan jerami sebanyak 2% dari berat badannya atau jika berupa silase, 3 kali jumlah tersebut. Dengan memberi ¾ sampai 1kg. tepung bungkil atau jerami legume (alfalfa) 3 kali jumlah tersebut, dapat dicukupilah kebutuhannya akan protein. Untuk penggemukan secara umum dapat diberikan sebanyak 3% berat badan suatu ransum yang terdiri dari 60% konsentrat (butiran) dan 40% pakan berserat (jerami atau silase). Berikut di bawah ini beberapa macam ransum yang disarankan disajikan untuk penggemukan sapi (pilihlah satu dari ransum yang ada; bacalah ke arah bawah).


Bagi para mahasiswa atau bagi para peternak yang professional, pedoman kasar seperti itu mungkin tidaklah cukup. Para peneliti di Amerika Serikat telah mengumpulkan begitu banyak data tentang kebutuhan gizi hingga informasi tersebut tersedia pada saat dibutuhkan. Di Amerika Serikat ringkasan informasi itu disajikan oleh National Research Council sebagai bagian dari National Academy of Sciences. Berdasarkan data kebutuhan itu, dapatlah disusun ransum yang secara ilmiah berimbang, untuk tujuan-tujuan tertentu.

Agar supaya sesuatu ransum itu berimbang, perlu dilakukan analisis bahan pakan untuk mengetahui kandungan. Karena melakukan analisis itu mahal dan tidak selalu praktis, National Research Council telah membuat kompilasi tentang informasi kadar gizi berbagai bahan. Karena membuat ransum yang berimbang itu juga memakan waktu, para penyuluh memberikan bantuannya melalui para ahli yang melakukan penyuluhan. Seperti yang disajikan pada tabel ransum untuk penggemukan sapi pedaging di atas, data disajikan sebagai contoh publikasi yang telah disiapkan sehingga siap untuk disampaikan kepada para peternak.

Karena harga dan tersedianya bahan pakan itu tidak selalu konstan maka tidak ada ransum yang tetap yang dapat memenuhi kebutuhan gizi serta memenuhi pengamatan secara ekonomis. Kombinasi bahan-bahan itu selalu diperlukan agar selalu cocok antara penawaran dan permintaan. Ransum juga kalau perlu berubah agar selalu sesuai dengan tuntutan keadaan.

Comments

Popular posts from this blog

Anatomi Internal Ambing Serta Jalannya Susu Yang Di-Sintesis

Sistem Seleksi Tandem, Independent Culling Level dan Indeks Seleksi

Bangsa-bangsa dan Karakteristik Kerbau Perah

Domestikasi dan Bangsa-bangsa Kelinci

Sejarah dan Klasifikasi Bangsa-bangsa Babi

Manajemen Pemerahan Susu Sapi

Pemberian Pakan Babi Sesuai Penggolongan (Kelasnya)

Pemuliabiakan dan Seleksi Pejantan Sapi Perah

Seleksi Pada Ternak Domba

Anatomi Tubuh Pada Ayam